Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone Supaya Bisa Ngebut

Mempercepat Ponsel - Smartphone yang memiliki kinerja yang cepat dan ngebut memang membuat kita nyaman untuk menggunakannya. Semahal apa pun ponsel yang Anda beli, semakin lama dipakai, performa juga akan semakin menurun. Disini Mastupang akan memberikan cara mengakali agar kinerja tetap cepat.

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone
Smartphone - Android

Cara Mempercepat Kinerja Smartphone

Walaupun perangkat yang Anda pakai sudah lama digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari - hari. Kamu dapat mempraktekkan beberapa langkah untuk mengembalikan ponsel kamu agar lebih kencang lagi. Berikut ini caranya simak ya!

1. Menggunakan Aplikasi Files Go

Aplikasi Files Go adalah aplikasi besutan Google yang mempermudah kita dalam membersihkan dan mengatur slot penyimpanan file.
Aplikasi ini sangat mudah digunakan
dan sangat praktis.

Adapun bagian dari aplikasi Files Go yaitu Storage dan Files, dan jika kamu ingin mengetahui seberapa banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu, cukup memilih Storage. Kamu bisa mengatur sesuai dengan kebutuhan kamu.

Sementara itu untuk bagian lainnya juga kita diberi cara supaya membuat ruang penyimpanan yang baru. Bahkan kita juga bisa membersihkan cached data pada aplikasi dengan sangat mudah.

2. Uninstal Aplikasi yang Tidak Digunakan

Dari beberapa banyaknya perangkat smartphone, ada sejumlah aplikasi yang disematkan oleh vendor pembuat ponsel tersebut. Sehingga inilah yang menyebabkan perangkat lebih banyak memakan RAM pada ponsel tersebut meskipun aplikasi bawahan itu jarang untuk digunakan.

Jadi, untuk aplikasi standart yang sudah disematkan dalam ponsel tersebut tidak dapat di uninstal. Untuk mengakalinya kalian cukup pergi menu Setting > Apps > Klik lalu nonaktifkan atau disable.

Pergunakan hal yang sama pada aplikasi yang lain yang tidak perlu untuk digunakan dalam sehari - hari. Nah, Files Go juga bisa meng Uninstal aplikasi yang jarang dipergunakan.

3. Gunakan Aplikasi Yang Ringan

Jika smartphone kamu memiliki kemampuan terbatas pada RAM dan Internal Card, sangat disarankan memakai aplikasi yang ringan. 

Sejauh ini versi Lite dari beberapa aplikasi telah meliris dan meluncurkan versi ini, contohnya adalah aplikasi Facebook Lite, Messenger Lite, Skype Lite, Youtube Go, Twitter Lite, Spotify Lite dan aplikasi lainnya.


Anda dapat mempraktekkan cara diatas, dimana penggunaann aplikasi tersebut akan mengurangi penggunaan RAM dan ROM pada smartphone kamu.

4. Melakukan Update

Melakukan update pada ponsel yang sudah memiliki notifikasi untuk pembaharuan sistem. Segeralsh untuk menginstalnya karena setiap pembaharuan akan meningkatkan performa pada smartphone kamu.

Supaya mengetahui versi pembaharuan buka menu Setting > Tentang > Ponsel > Sytem Update.

5. Walpaper atau Home Screen

Untuk penggunaan wallpaper kamu cukup memakai wallpaper standart. Dan di sarankan juga jangan menggunakan home screen yang memiliki animasi bergerak atau semacamnya. Karena ini akan otomatis membuat smartphone berjalan atau bekerja dilatar belakang.

6. Mengganti Launcher

Beberapa launcher standart vendor sangat tidak workit untuk digunakan, sehingga memperlambat kinerja pada perangkat ponsel. Disarankan agar kamu memakai launcher yang ringan, seperti contoh Google Now Launcher

7. Background

Setelah menerapkan beberapa cara diatas, jangan lupa juga untuk rutin memantau penggunaan pada baterai. Karena jika aplikasi yang berjalan dilatar belakang terlalu banyak, ini akan membuat baterai kamu boros dan boncos. Cara ceknya pergi ke Setting > Batetai tutup aja aplikasi yang dirasa boros penggunaannya.

8. Nonaktifkan Bluetooth

Jangan sampai kamu lupa mematikan bluetooth pada ponsel kamu. Penggunaan bluetooth yang lama dan tidak digunakan juga akan menguras baterai. Lebih baik dimatikan saja, ini akan menghemat daya baterai.

9. Lakukan Optimasi Baterai

Penggunaan aplikasi yang berjalan di latar belakang, kerap membuat optimasi baterai tidak efektif. Jadi, ketika kamu sudah selesai menggunakan aplikasi yang kamu gunakan, langsung di tutup saja.

Akhir Kata

Demikianlah tadi mengenai cara mempercepat kinerja smartphone supaya tidak lag. Lakukan optimasi jika sudah agak lemot. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa kunjungi artikel kita yang lain.